BAB II
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah
terpengaruh dalamsegala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik,
kebudayaan, seni dan bahkandi dunia pendidikan. Kemajuan teknologi adalah
sesuatu yang tidak bisa kita hindaridalam kehidupan ini, karena kemajuan
teknologi akan berjalan sesuai dengankemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi
diciptakan untuk memberikan manfaatpositif bagi kehidupan manusia. Memberikan
banyak kemudahan, serta sebagai carabaru dalam melakukan aktifitas manusia.
Khusus dalam bidang teknologi informasisudah menikmati banyak manfaat yang
dibawa oleh inovasi-inovasi yang telahdihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Namun demikian, walaupun pada awalnyadiciptakan untuk menghasilkan manfaat
positif, di sisi lain juga memungkinkandigunakan untuk hal negative.
B. Rumusan masalah
a. Bagaimana dampak penerapan IT dalam pendidikan tinggi ?
b. Bagaimana contoh-contoh penerapannya ?
C. Tujuan penulis
Tujuan
penulis adalah untuk memenuhi tugas makalah Sistem dan Teknologi Informasi dan
untuk pengetahuan penulis dalam
penerapan IT di pendidikan Tinggi juga untuk mengtahui contoh penerapannya.
BAB
II Pembahasan
A. Dampak penerapan IT dalam bidang pendidikan tinggi
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan
dewasa ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam
hitungan tahun, bulan,atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik,
terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang
dengan teknologi elektronika. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan,
termasuk bidang pendidikan. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang sangat cepat ini memberikan dampak positif dan dampak negatif.
Beberapa dampak positif yang
diperoleh dengan adanya ICT dalam dunia pendidikan antara lain :
1. Memberikan kemudahan terhadap dunia
pendidikan dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional Indonesia secara umum.
2. Meningkatkan
mutu pendidikan karena dengan ICT dapat dengan mudah menerima informasi baik
dari dalam maupun dari luar negeri
3. Peningkatan
kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang merupakan produk dari dunia
pendidikan
4. terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari
dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu
5. Dan
lain-lain.
Oleh
karena pentingnya ICT dalam dunia pendidikan, maka Departemen Pendidikan
melalui PESTEKKOM terus melakukan pengembangan ICT dalam dunia pendidikan di Indonesia.
namun, penggunaan TIK harus tetap diawasi karena TIK juga memiliki dampak
negative.
Dampak
negatifnya yaitu terjadinya perubahan
nilai, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai,
norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat.
Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidikan sangat penting
untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya.
Pendidikan tidak antipati atau alergi denganperkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, namun sebaliknya menjadi subyek ataupelopor dalam pengembangannya.
B. Contoh
penerapan IT
Salah
satu integrasi teknologi informasi ke dalam dunia pendidikan adalah elearning
atau electronic learning. Saat ini e-learning mulai menarik
perhatian banyak pihak, baik dari kalangan akademik, profesional,
perusahaan maupun industri. Di institusi pendidikan tinggi misalnya, e-learning
telah membuka cakrawala baru dalam proses belajar mengajar. Sedangkan di
lingkungan industri e-learning dinilai mampu membantu proses dalam
meningkatkan kompetensi pegawai atau sumber daya manusia. Dari dunia akademis
metode pembelajaran ini sudah banyak diterapkan dan dikembangkan. Contoh
penerapan e-learning di kampus ITB, IPB, UI, Universitas Hasanuddin,
Universitas Negeri Malang dan masih banyak lagi baik negari maupun swasta semua
telah menggunakan teknologi informasi. E-learning pada hakikatnya adalah
bentuk pembelajaran konvensional yang dituang dalam format digital dan
disajikan malalui teknologi informsi. E-learning diciptakan seolah-olah
peserta didik belajar secara konvensional, hanya saja dipindahkan ke dalam
sitem digital melalui internet. Keunggulan-keunggulan e-learning adalah
efisiensi dalam penggunaan waktu dan ruang. Seperti telah dijelaskan pendidikan
berbasis teknologi informasi cenderung tidak lagi tergantung pada ruang dan
waktu. Tak ada halangan berarti untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar
lintas daerah bahkan lintas negara melalui e-learning. Dengan e-learning
pengajar dan siswa tidak lagi selalu harus bertatap muka dalam kelas pada
waktu yang bersamaan. Dengan sifatnya yang tidak tergantung pada ruang dan
waktu, e-learning memiliki keunggulan lain yakni memungkinkan akses ke
pakar yang tak terhalang wakatu dan tidak memerlukan biaya mahal. Seornag
pelajar di daerah dapat belajar langsung dari pakar di pusat melalui fasilitas internet
chatting atau mengakomodir suara dan bahkan gambar realtime. Dengan e-learning
sekolah-sekolah dengan mudah dapat melakukan kerjasama saling menguntungkan
melalui progarm kemitraan.
Dengan
demikian sekolah yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju
sehingga dapat diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan. Satu hal lagi
keunggulan elearning tentunya adalah ketersediaan informasi yang
melimpah dari sumber-sumber di seluruh dunia. Dengan menggunakan internet
sebagai media pembelajaran akan didapatkan sumber informasi untuk pengayaan
materi yang jumlahnya sangat tak terbatas. Model pembelajaran e-learning dengan
segala keunggulannya akan sangat membantu dunia pendidikan di Indonesia, e-learning
dapat menjadi alternatif cara peningkatan mutu pendidikan Indoneia dan
melakukan upaya pemerataan di seluruh wilayah Indoensia. Sudah menjadi
pengetahuan umum bahwa penyebaran mutu pendidikan di Indonesia belum merata.
Ada kesenjangan cukup jauh antara satu wilayah dengan wilayah lain. Pendidikan
di pulau Jawa dan Sumatera atau Indoensia bagian barat cenderung lebih maju dri
Indoensia bagian timur. Kesenjangan seperti ini haruslah mendapatkan perhatian
yang serius dari pemerintah. E–learning dapat menjadi solusi kreatif
bagi pemerintah.
Daftar Pustaka
Kusuma, Wijaya. “Aplikasi dan
Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK dalamPembelajaran di Sekolah”.
Tag :
Pendidikan
0 Komentar untuk "Makalah tentang Dampak penerapan IT "