artikel menarik, tips dan trik dan lainnya

Makalah tentang Dampak penerapan IT


BAB II Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalamsegala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkandi dunia pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindaridalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengankemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaatpositif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai carabaru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasisudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telahdihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnyadiciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkandigunakan untuk hal negative.


B.     Rumusan masalah
a.       Bagaimana dampak penerapan IT dalam pendidikan tinggi ?
b.      Bagaimana contoh-contoh penerapannya ?

C.     Tujuan penulis
            Tujuan penulis adalah untuk memenuhi tugas makalah Sistem dan Teknologi Informasi dan untuk pengetahuan penulis  dalam penerapan IT di pendidikan Tinggi juga untuk mengtahui contoh penerapannya.



BAB II Pembahasan
A.    Dampak penerapan IT dalam bidang pendidikan tinggi

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan,atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat ini memberikan dampak positif dan dampak negatif.

Beberapa dampak positif yang diperoleh dengan adanya ICT dalam dunia pendidikan antara lain :

1. Memberikan kemudahan terhadap dunia pendidikan dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional Indonesia secara umum.
2.   Meningkatkan mutu pendidikan karena dengan ICT dapat dengan mudah menerima informasi baik dari dalam maupun dari luar negeri
3.   Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang merupakan produk dari dunia pendidikan
4.   terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu
5.   Dan lain-lain.

Oleh karena pentingnya ICT dalam dunia pendidikan, maka Departemen Pendidikan melalui PESTEKKOM terus melakukan pengembangan ICT dalam dunia pendidikan di Indonesia. namun, penggunaan TIK harus tetap diawasi karena TIK juga memiliki dampak negative.
Dampak negatifnya yaitu terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat.
Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidikan sangat penting untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya. Pendidikan tidak antipati atau alergi denganperkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sebaliknya menjadi subyek ataupelopor dalam pengembangannya.

B.     Contoh penerapan IT
Salah satu integrasi teknologi informasi ke dalam dunia pendidikan adalah elearning atau electronic learning. Saat ini e-learning mulai menarik perhatian banyak pihak, baik dari kalangan akademik, profesional, perusahaan maupun industri. Di institusi pendidikan tinggi misalnya, e-learning telah membuka cakrawala baru dalam proses belajar mengajar. Sedangkan di lingkungan industri e-learning dinilai mampu membantu proses dalam meningkatkan kompetensi pegawai atau sumber daya manusia. Dari dunia akademis metode pembelajaran ini sudah banyak diterapkan dan dikembangkan. Contoh penerapan e-learning di kampus ITB, IPB, UI, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Malang dan masih banyak lagi baik negari maupun swasta semua telah menggunakan teknologi informasi. E-learning pada hakikatnya adalah bentuk pembelajaran konvensional yang dituang dalam format digital dan disajikan malalui teknologi informsi. E-learning diciptakan seolah-olah peserta didik belajar secara konvensional, hanya saja dipindahkan ke dalam sitem digital melalui internet. Keunggulan-keunggulan e-learning adalah efisiensi dalam penggunaan waktu dan ruang. Seperti telah dijelaskan pendidikan berbasis teknologi informasi cenderung tidak lagi tergantung pada ruang dan waktu. Tak ada halangan berarti untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar lintas daerah bahkan lintas negara melalui e-learning. Dengan e-learning pengajar dan siswa tidak lagi selalu harus bertatap muka dalam kelas pada waktu yang bersamaan. Dengan sifatnya yang tidak tergantung pada ruang dan waktu, e-learning memiliki keunggulan lain yakni memungkinkan akses ke pakar yang tak terhalang wakatu dan tidak memerlukan biaya mahal. Seornag pelajar di daerah dapat belajar langsung dari pakar di pusat melalui fasilitas internet chatting atau mengakomodir suara dan bahkan gambar realtime. Dengan e-learning sekolah-sekolah dengan mudah dapat melakukan kerjasama saling menguntungkan melalui progarm kemitraan.
Dengan demikian sekolah yang lebih maju dapat membantu sekolah yang belum maju sehingga dapat diupayakan adanya pemerataan mutu pendidikan. Satu hal lagi keunggulan elearning tentunya adalah ketersediaan informasi yang melimpah dari sumber-sumber di seluruh dunia. Dengan menggunakan internet sebagai media pembelajaran akan didapatkan sumber informasi untuk pengayaan materi yang jumlahnya sangat tak terbatas. Model pembelajaran e-learning dengan segala keunggulannya akan sangat membantu dunia pendidikan di Indonesia, e-learning dapat menjadi alternatif cara peningkatan mutu pendidikan Indoneia dan melakukan upaya pemerataan di seluruh wilayah Indoensia. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa penyebaran mutu pendidikan di Indonesia belum merata. Ada kesenjangan cukup jauh antara satu wilayah dengan wilayah lain. Pendidikan di pulau Jawa dan Sumatera atau Indoensia bagian barat cenderung lebih maju dri Indoensia bagian timur. Kesenjangan seperti ini haruslah mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah. E–learning dapat menjadi solusi kreatif bagi pemerintah.



Daftar Pustaka
Kusuma, Wijaya. “Aplikasi dan Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK dalamPembelajaran di Sekolah”.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Makalah tentang Dampak penerapan IT "

Back To Top