BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Dizaman
modern ini kita mengenal berbagai macam teknologi yang canggi-canggi. Semua itu
untuk membantu memudahkan kita dalam megerjakan sesuatu yang agak sulit kita
kerjakan sendiri. Dari semua teknologi-teknologi yang kita rasakan saat ini
tidak terlepas dari tangan manusia-manusia yang genius yang membuat semua
alat-alat itu. Peran bahasa, teknik dan seni-seni dari Programer yang handal
itu semakin memudahkannya dalam membuat suatu inovasi baru. Dari itu semua ,
tentu ada sejarah perkembangannya masing-masing.
B. Rumusan
masalah
1. Bagaimana
perkembangan bahasa pemrograman dari dulu sampai sekarang ?
2. Bagaimana
perkembangan terknik pemrograman ?
3. Bagaimana
perkembangan seni pemrograman ?
C. Tujuan
penulis
Tujuan penulis untuk memenuhi tugas
mata kuliah Dasar-dasar pemrgraman tentang “ Perkembangan bahasa, teknik dan
seni pemrograman dan untuk menambah wawasan penulis tentang perkembangan
teknologi saat ini.
BAB II PEMBAHASAN
A.
PERKEMBANGAN
BAHASA PEMROGRAMAN
Perkembangan
bahasa pemrograman mungkin tidak semudah yang kita kira, namun perkembangan
tersebut sangatlah sulit dan memakan waktu yang lama hingga bisa menjadi bahasa
pemrograman yang bisa kita nikmati sekarang ini. Pembagian generasi bahasa
adalah seperti berikut:
• First-Generation Language
(1GL) adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data, yang diberikan kepada
prosesor agar dapat bekerja. Pada komputer konvensiona terdiri dari deretan
angka 0 dan 1.
• Second-Generation Language
(2GL) adalah bahasa pemrograman assembler (orang juga mengenalnya sebagai
bahasa assembly). Pada bahasa perograman generasi kedua ini assembler mengubah
pernyataan bahasa pemrograman ke bahasa mesin.
• Third-Generation Language
(3GL) merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam generasi ketiga. Ini adalah
bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti PL/1, C, atau Java.
• Fourth-Generation Language
(4GL) adalah bahasa pemrograman yang didesain lebih “natural”, sehingga makin
mudah digunakan.
• Fifth-Generation Language (5GL)
adalah bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau
grafik untuk membuat bahasasumbernya, yang biasanya di-compile dengan compiler
3GL atau 4GL.
Perkembangan Bahasa
• Perkembangan bahasa
pemrograman dimulai pada tahun 1949 dengan hadirnya Short Code, bahasa
pemrograman komputer pertama yang digunakan dalam peralatan komputer
elektronik. Ini masih berupa bahasa pemrograman manual (hand-compiled).
• Pada tahun 1951, Grace Hopper
yang bekerja pada Remington Rand mulai bekerja untuk mendesain sebuah compiler
yang diberi nama A-0. Pada tahun 1957, bahasa pemrograman ini kemudian dirilis
oleh Rand dengan nama Math-matic.
• Kemudian Alick E. Glennie, di
waktu senggangnya di Universitas Manchester, berhasil membuat programming system
bernama AUTOCODE pada tahun 1952. Sekitar lima tahun setelahnya dirilislah
mathematical FORmula TRANslating (FORTRAN), dan menjadi salah satu bahasa
pemrograman yang mudah digunakan pada tahun itu.
• FORTRAN dibuat oleh tim yang
diketuai oleh John Backus, yang kemudian juga memiliki konstribusi dalam pembuatan
bahasa pemrograman ALGOL.
• Setahun kemudian, muncul
FORTRAN II yang mampu menjalankan perintah subroutines dan koneksi ke bahasa
assembly. Dan, pada tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrograman ALGOL. Pada
tahun 1960 muncul ALGOL 60. Bahasa pemrogramana ini sangat popular di Eropa
pada pertengahan 1960-an. Pada tahun 1962, APL (A Programming Language) dirilis
oleh Kenneth Iverson. Pada tahun yang sama juga dirilis FORTRAN IV.
• Perkembangan bahasa
pemrograman terus berlanjut dengan munculnya berturut turut APL/360 dan PL/1
pada tahun 1964, SNOBOL3 pada 1965, FORTRAN 66 dan LISP 2 pada 1966, SNOBOL 4
pada 1967, ALGOL 68, ALTRAN, dan COBOL.
• Pada tahun 1975, Bob Albrecht
dan Dennis Allison merilis Tiny BASIC. Pada tahun yang sama, Bill Gates dan
Paul Allen merilis BASIC yang mereka jual ke MITS (Micro Instrumentation and
Telemetry Systems). Tahun-tahun selanjutnya, beberapa bahasa pemrograman baru
bermunculan. Di antaranya AWK yang dirilis tahun 1978; Smalltalk-80, Modula-2,
Franz LISP pada tahun 1980; dan ISO Pascal serta PostScript yang dirilis pada
tahun 1982. Pada tahun 1983 dirilis bahasa pemrograman Ada.
• Nama tersebut diambil dari
Lady Augusta Ada Byron, yang menyandang gelar programer komputer pertama karena
hasil kerjanya pada Charles Babbage’s analytical engine di tahun 1842.
• Tahun 1986, selain Apple telah
merilis Object Pascal dan Borland merilis Turbo Prolog, pada tahun yang sama
juga dirilis bahasa pemrogramanC++ dan Eiffel. Setahun sesudahnya dirilis Turbo
Pascal version 4.0. Bahasa pemrograman C++ berkembang pesat dengan dirilisnya
C++ 2.0 pada tahun 1989, dan C++ 2.1 pada tahun 1990. Ini bersamaan dengan
dirilisnya FORTRAN 90. Setahun kemudian, Microsoft kembali merilis Visual
Basic, yang kemudian memenangkan penghargaan BYTE’s Best of Show saat COMDEX.
• Bahasa pemrograman terus
berkembang hingga tahun ini, dengan diilisnya Java 2 (versi 1.4), Python 2.2,
J#, dan F#.
Bahasa Modern (Java)
• Kelahiran Java dimulai tahun
1991. Bahasa Java merupakan proyek penelitian Sun Microsystems yang diberi nama
kode Green. Proyek ini bertujuan membangun sistem yang memungkinkan komputer
berperan dalam rumah tangga. Fokus pertama proyek adalah pada TV kabel yang
disebut set-top box.
• Untuk menjalankan proyek
tersebut Sun merencanakan untuk membangun sebuah OS yang dibangun dengan bahasa
C++. Akan tetapi James Gosling (salah seorang anggota tim proyek) merasa tidak
puas dengan C++. Akhirnya Ia membuat sendiri bahasa pemrograman baru yang diberi
nama Oak. Nama tersebut diambil dari nama pohon yang terlihat dari jendela
kantornya. Oak dibuat berdasarkan syntak C++. Namun Oak lebih sederhana dari
C++, lebih stabil dan lebih mendukung network-programming. Selain itu Oak
dibuat murni object-oriented. Bahasa Oak dibuat sebagai bahasa yang tidak
terikat pada satu platform (cross-platform atau multi-platform). Tahun 1994,
proyek Green diperbesar oleh Sun menjadi proyek FirstPerson. Tapi proyek
tersebut gagal akibat penolakan pasar terhadap ide TV interaktif.
• Pada saat itu Internet memulai
sejarah baru dengan WWW (World Wide Web). Browser GUI pertama adalah Mosaic.
Sun melihat celah lain dalam dunia Web. Sun merasa bahasa Oak yang
multi-platform serta ditujukan untuk pemrograman interaktif dan distributed
sangat cocok untuk dunia Web.
• Tahun 1995, nama Oak diganti
dengan nama Java karena ada produk lain yang telah mematenkan nama tersebut.
Pemilihan nama ini (yang dikenal oleh para pekerja Sun sebagai nama jenis kopi)
sama sekali tidak didasarkan atas kedekatan mereka dengan Indonesia atau pulau
(atau orang) Jawa. Nama Java dipilih mengalahkan nama-nama lainnya, sekedar
karena mereka merasa bahwa nama ini sangat bagus (“cool” menurut bahasa anak
muda sekarang). Bersamaan dengan lahirnya nama Java ini, Sun juga mengganti
nama web-browser mereka menjadi HotJava (semula bernama WebRunner). Sun
kemudian mengumumkan bahasa Java sebagai bahasa yang mampu menjalankan Web
secara interaktif dan aman.
• Pada pertengahan tahun 1995,
Netscape mengumumkan akan mengadopsi Java di dalam browser mereka. Kemudian,
Java (pada tahun-tahun itu) secara de-facto menjadi bahasa standar di dunia
maya Internet. Perkembangan Java dipermudah lagi dengan tersedianya JDK (Java
Development Kit) di situs milik Sun yang dapat di-download gratis. Akhir tahun
1995, IBM dan Microsoft memutuskan untuk membeli lisensi Java untuk dipakai
dalam teknologi mereka.
B. PERKEMBANGAN TEKNIK PEMROGRAMAN
a) Teknik Pemecahan Masalah
·
Teknik
Top-Down
Masalah kompleks dibagi-bagi dalam beberapa kelompok masalah hingga sebagian
paling kecil. Setelah itu baru disusun langkah2 penyelesaian secara detail
·
Teknik
Bottom-Up
Kebalikan dari teknik Top-Down, mulai ditinggalkan karena sulit untuk melakukan
standarisasi
·
Teknik
Pemecahan Masalah
Langkah-langkah pemecahan masalah
disusun secara sistematis dan mendetail
algoritma
Mohammad Ibn Musa al Khowarizmi :
“Suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang
terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk
menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer”.
b) Teknik
pemodelan
Teknik untuk
melakukan analisis dan perancangan sistem berorientasi objek dikembangkan dan
digunakan secara luas di seluruh industri TI.
Yang paling
terkenal adalah : UML (Unified Modeling Languange) yang dikembangkan oelh
Grady Booch, Ivar Jacobson dan James Rumbaugh.
c) Teknik Pemrograman
·
Pemrograman Terstruktur
Teknik
mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatumasalah dalam
bentuk program yang memiliki rancang bangun yang terstruktur dan tidak
berbelit-belit sehingga mudah ditelusuri.
·
Pemrograman Modular
Merupakan
teknik untuk mengimplementasikan langkah-langkah pemecahan masalah pada
kelompok masalah yang kecil.
·
Pemrograman Berorientasi Objek
Teknik
Pemrograman yang menerapkan konsep dunia nyata.
3 Pilar utama
OOP : Encapsulation (Pengkapsulan), Inheritance (Pewaris sifat), Polymorphism
(Keanekaragaman bentuk)
·
Encapsulation (Pengkapsulan)
Dengan adanya pengkapsulan maka muncul konsep information
hiding (penyembunyian informasi), tidak semua sifat atau kerja milik subuah
objek dapat diakses dari luar objek tersebut.
·
Inheritance (Pewarisan Sifat)
Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method dari
sebuah class ke class lainnya (Subclass). Class dapat didefinisikan dengan
referensi pada class yang lain yang telah terdefinisi. Inheritance merupakan
pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang
telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan mewarisi state ( variabel-variabel
) dan behaviour ( method-method ) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat
menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi
( override ) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
·
Polymorphism (Keanekaragaman Bentuk)
Polimorfisme adalah kemampuan suatu objek untuk
mengungkap banyak hal melalui suatu cara yang sama. Sebagai contoh, terdapat
kelas A yang diturunkan menjadi kelas B, C, dan D. Dengan konsep polimorfisme,
kita dapat menjalankan method-method yang terdapat pada kelas B, C, dan D hanya
dari objek yang diinstansiasi dengan kelas A.
C. PERKEMBANGAN
SENI PEMROGRAMAN
sebenarnya saat kita ingin membuat aplikasi komputer sama
seperti membuat rumah baru…
saat kita merancang rumah sama saja dengan kita merancang
untuk membuat aplikasi komputer, hal yang pertama dilakukan adalah memilih
bahan-bahan untuk membuat rumah seperti paku, papan, semen dl. sama halnya
dengan kita memilih object-object (text box, label, option box, dl..) untuk di
taro di aplikasi kita, setelah itu kita kumpulkan bahan-bahannya, kalo udah
tinggal pasang bahan-bahan yang tadi sudah kita rancang seperti semen untuk
membuat tembok, papan kayu untuk memperkuat atap bangunan… nah sama halnya
object-object kita letakan di tempat semestinya yg sudah kta rancang. Setelah
semua di pasang jangan lupa jalur listriknya dan jalur air kita pasang dan itu
sama aja kyak kita buat koding program supaya aplikasi jalan dengan semestinya,
kalo udah jalan kita beri warna dan asesoris supaya rumah kita terlihat indah
jika di pandang sama kita dan orang lain sama halnya kalo kita buat program
kita juga harus melihat tampilannya kira-kira enak di pandang gak…. kalo udah
selesai rumah siap untuk di tinggali dan juga aplikasi siap untuk di pakai sama
konsumen…..
Daftar Pustaka
Tag :
Pendidikan
0 Komentar untuk "Makalah tentang Perkembangan Bahasa, teknik dan seni Pemrograman"