artikel menarik, tips dan trik dan lainnya

Makalah tentang Perkembangan Bahasa, teknik dan seni Pemrograman


BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Dizaman modern ini kita mengenal berbagai macam teknologi yang canggi-canggi. Semua itu untuk membantu memudahkan kita dalam megerjakan sesuatu yang agak sulit kita kerjakan sendiri. Dari semua teknologi-teknologi yang kita rasakan saat ini tidak terlepas dari tangan manusia-manusia yang genius yang membuat semua alat-alat itu. Peran bahasa, teknik dan seni-seni dari Programer yang handal itu semakin memudahkannya dalam membuat suatu inovasi baru. Dari itu semua , tentu ada sejarah perkembangannya masing-masing.

B.     Rumusan masalah
1.      Bagaimana perkembangan bahasa pemrograman dari dulu sampai sekarang ?
2.      Bagaimana perkembangan terknik pemrograman ?
3.      Bagaimana perkembangan seni pemrograman ?

C.     Tujuan penulis
Tujuan penulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Dasar-dasar pemrgraman tentang “ Perkembangan bahasa, teknik dan seni pemrograman dan untuk menambah wawasan penulis tentang perkembangan teknologi saat ini.




BAB II PEMBAHASAN
A.    PERKEMBANGAN BAHASA PEMROGRAMAN
Perkembangan bahasa pemrograman mungkin tidak semudah yang kita kira, namun perkembangan tersebut sangatlah sulit dan memakan waktu yang lama hingga bisa menjadi bahasa pemrograman yang bisa kita nikmati sekarang ini. Pembagian generasi bahasa adalah seperti berikut:
• First-Generation Language (1GL) adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data, yang diberikan kepada prosesor agar dapat bekerja. Pada komputer konvensiona terdiri dari deretan angka 0 dan 1.
• Second-Generation Language (2GL) adalah bahasa pemrograman assembler (orang juga mengenalnya sebagai bahasa assembly). Pada bahasa perograman generasi kedua ini assembler mengubah pernyataan bahasa pemrograman ke bahasa mesin.
• Third-Generation Language (3GL) merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam generasi ketiga. Ini adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti PL/1, C, atau Java.
• Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang didesain lebih “natural”, sehingga makin mudah digunakan.
• Fifth-Generation Language (5GL) adalah bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau grafik untuk membuat bahasasumbernya, yang biasanya di-compile dengan compiler 3GL atau 4GL.
Perkembangan Bahasa
• Perkembangan bahasa pemrograman dimulai pada tahun 1949 dengan hadirnya Short Code, bahasa pemrograman komputer pertama yang digunakan dalam peralatan komputer elektronik. Ini masih berupa bahasa pemrograman manual (hand-compiled).
• Pada tahun 1951, Grace Hopper yang bekerja pada Remington Rand mulai bekerja untuk mendesain sebuah compiler yang diberi nama A-0. Pada tahun 1957, bahasa pemrograman ini kemudian dirilis oleh Rand dengan nama Math-matic.
• Kemudian Alick E. Glennie, di waktu senggangnya di Universitas Manchester, berhasil membuat programming system bernama AUTOCODE pada tahun 1952. Sekitar lima tahun setelahnya dirilislah mathematical FORmula TRANslating (FORTRAN), dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah digunakan pada tahun itu.
• FORTRAN dibuat oleh tim yang diketuai oleh John Backus, yang kemudian juga memiliki konstribusi dalam pembuatan bahasa pemrograman ALGOL.
• Setahun kemudian, muncul FORTRAN II yang mampu menjalankan perintah subroutines dan koneksi ke bahasa assembly. Dan, pada tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrograman ALGOL. Pada tahun 1960 muncul ALGOL 60. Bahasa pemrogramana ini sangat popular di Eropa pada pertengahan 1960-an. Pada tahun 1962, APL (A Programming Language) dirilis oleh Kenneth Iverson. Pada tahun yang sama juga dirilis FORTRAN IV.
• Perkembangan bahasa pemrograman terus berlanjut dengan munculnya berturut turut APL/360 dan PL/1 pada tahun 1964, SNOBOL3 pada 1965, FORTRAN 66 dan LISP 2 pada 1966, SNOBOL 4 pada 1967, ALGOL 68, ALTRAN, dan COBOL.
• Pada tahun 1975, Bob Albrecht dan Dennis Allison merilis Tiny BASIC. Pada tahun yang sama, Bill Gates dan Paul Allen merilis BASIC yang mereka jual ke MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Tahun-tahun selanjutnya, beberapa bahasa pemrograman baru bermunculan. Di antaranya AWK yang dirilis tahun 1978; Smalltalk-80, Modula-2, Franz LISP pada tahun 1980; dan ISO Pascal serta PostScript yang dirilis pada tahun 1982. Pada tahun 1983 dirilis bahasa pemrograman Ada.
• Nama tersebut diambil dari Lady Augusta Ada Byron, yang menyandang gelar programer komputer pertama karena hasil kerjanya pada Charles Babbage’s analytical engine di tahun 1842.
• Tahun 1986, selain Apple telah merilis Object Pascal dan Borland merilis Turbo Prolog, pada tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrogramanC++ dan Eiffel. Setahun sesudahnya dirilis Turbo Pascal version 4.0. Bahasa pemrograman C++ berkembang pesat dengan dirilisnya C++ 2.0 pada tahun 1989, dan C++ 2.1 pada tahun 1990. Ini bersamaan dengan dirilisnya FORTRAN 90. Setahun kemudian, Microsoft kembali merilis Visual Basic, yang kemudian memenangkan penghargaan BYTE’s Best of Show saat COMDEX.
• Bahasa pemrograman terus berkembang hingga tahun ini, dengan diilisnya Java 2 (versi 1.4), Python 2.2, J#, dan F#.
Bahasa Modern (Java)
• Kelahiran Java dimulai tahun 1991. Bahasa Java merupakan proyek penelitian Sun Microsystems yang diberi nama kode Green. Proyek ini bertujuan membangun sistem yang memungkinkan komputer berperan dalam rumah tangga. Fokus pertama proyek adalah pada TV kabel yang disebut set-top box.
• Untuk menjalankan proyek tersebut Sun merencanakan untuk membangun sebuah OS yang dibangun dengan bahasa C++. Akan tetapi James Gosling (salah seorang anggota tim proyek) merasa tidak puas dengan C++. Akhirnya Ia membuat sendiri bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak. Nama tersebut diambil dari nama pohon yang terlihat dari jendela kantornya. Oak dibuat berdasarkan syntak C++. Namun Oak lebih sederhana dari C++, lebih stabil dan lebih mendukung network-programming. Selain itu Oak dibuat murni object-oriented. Bahasa Oak dibuat sebagai bahasa yang tidak terikat pada satu platform (cross-platform atau multi-platform). Tahun 1994, proyek Green diperbesar oleh Sun menjadi proyek FirstPerson. Tapi proyek tersebut gagal akibat penolakan pasar terhadap ide TV interaktif.
• Pada saat itu Internet memulai sejarah baru dengan WWW (World Wide Web). Browser GUI pertama adalah Mosaic. Sun melihat celah lain dalam dunia Web. Sun merasa bahasa Oak yang multi-platform serta ditujukan untuk pemrograman interaktif dan distributed sangat cocok untuk dunia Web.
• Tahun 1995, nama Oak diganti dengan nama Java karena ada produk lain yang telah mematenkan nama tersebut. Pemilihan nama ini (yang dikenal oleh para pekerja Sun sebagai nama jenis kopi) sama sekali tidak didasarkan atas kedekatan mereka dengan Indonesia atau pulau (atau orang) Jawa. Nama Java dipilih mengalahkan nama-nama lainnya, sekedar karena mereka merasa bahwa nama ini sangat bagus (“cool” menurut bahasa anak muda sekarang). Bersamaan dengan lahirnya nama Java ini, Sun juga mengganti nama web-browser mereka menjadi HotJava (semula bernama WebRunner). Sun kemudian mengumumkan bahasa Java sebagai bahasa yang mampu menjalankan Web secara interaktif dan aman.
• Pada pertengahan tahun 1995, Netscape mengumumkan akan mengadopsi Java di dalam browser mereka. Kemudian, Java (pada tahun-tahun itu) secara de-facto menjadi bahasa standar di dunia maya Internet. Perkembangan Java dipermudah lagi dengan tersedianya JDK (Java Development Kit) di situs milik Sun yang dapat di-download gratis. Akhir tahun 1995, IBM dan Microsoft memutuskan untuk membeli lisensi Java untuk dipakai dalam teknologi mereka.


B.     PERKEMBANGAN TEKNIK PEMROGRAMAN

a)      Teknik Pemecahan Masalah
·         Teknik Top-Down
           Masalah kompleks dibagi-bagi dalam beberapa kelompok masalah hingga sebagian paling kecil. Setelah itu baru disusun langkah2 penyelesaian secara detail
·         Teknik Bottom-Up
           Kebalikan dari teknik Top-Down, mulai ditinggalkan karena sulit untuk melakukan standarisasi
·         Teknik Pemecahan Masalah
Langkah-langkah pemecahan masalah disusun secara sistematis dan mendetail  algoritma
Mohammad Ibn Musa al Khowarizmi : “Suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer”.
b)      Teknik pemodelan
Teknik untuk melakukan analisis dan perancangan sistem berorientasi objek dikembangkan dan digunakan secara luas di seluruh industri TI.
Yang paling terkenal adalah : UML (Unified Modeling Languange)  yang dikembangkan oelh Grady Booch, Ivar Jacobson dan James Rumbaugh.

c)      Teknik Pemrograman
·         Pemrograman Terstruktur
Teknik mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatumasalah dalam bentuk program yang memiliki rancang bangun yang terstruktur dan tidak berbelit-belit sehingga mudah ditelusuri.
·         Pemrograman Modular
Merupakan teknik untuk mengimplementasikan langkah-langkah pemecahan masalah pada kelompok masalah yang kecil.
·         Pemrograman Berorientasi Objek
Teknik Pemrograman yang menerapkan konsep dunia nyata.
3 Pilar utama OOP : Encapsulation (Pengkapsulan), Inheritance (Pewaris sifat), Polymorphism (Keanekaragaman bentuk)

·         Encapsulation (Pengkapsulan)
Dengan adanya pengkapsulan maka muncul konsep information hiding (penyembunyian informasi), tidak semua sifat atau kerja milik subuah objek dapat diakses dari luar objek tersebut.
·         Inheritance (Pewarisan Sifat)
Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya (Subclass). Class dapat didefinisikan dengan referensi pada class yang lain yang telah terdefinisi. Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan mewarisi state ( variabel-variabel ) dan behaviour ( method-method ) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi ( override ) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
·         Polymorphism (Keanekaragaman Bentuk)
Polimorfisme adalah kemampuan suatu objek untuk mengungkap banyak hal melalui suatu cara yang sama. Sebagai contoh, terdapat kelas A yang diturunkan menjadi kelas B, C, dan D. Dengan konsep polimorfisme, kita dapat menjalankan method-method yang terdapat pada kelas B, C, dan D hanya dari objek yang diinstansiasi dengan kelas A.
C.     PERKEMBANGAN SENI PEMROGRAMAN
sebenarnya saat kita ingin membuat aplikasi komputer sama seperti membuat rumah baru…
saat kita merancang rumah sama saja dengan kita merancang untuk membuat aplikasi komputer, hal yang pertama dilakukan adalah memilih bahan-bahan untuk membuat rumah seperti paku, papan, semen dl. sama halnya dengan kita memilih object-object (text box, label, option box, dl..) untuk di taro di aplikasi kita, setelah itu kita kumpulkan bahan-bahannya, kalo udah tinggal pasang bahan-bahan yang tadi sudah kita rancang seperti semen untuk membuat tembok, papan kayu untuk memperkuat atap bangunan… nah sama halnya object-object kita letakan di tempat semestinya yg sudah kta rancang. Setelah semua di pasang jangan lupa jalur listriknya dan jalur air kita pasang dan itu sama aja kyak kita buat koding program supaya aplikasi jalan dengan semestinya, kalo udah jalan  kita beri warna dan asesoris supaya rumah kita terlihat indah jika di pandang sama kita dan orang lain sama halnya kalo kita buat program kita juga harus melihat tampilannya kira-kira enak di pandang gak…. kalo udah selesai rumah siap untuk di tinggali dan juga aplikasi siap untuk di pakai sama konsumen…..


Daftar Pustaka

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Makalah tentang Perkembangan Bahasa, teknik dan seni Pemrograman"

Back To Top